Dasar dari Dasar Sistem Telekomunikasi

Blog-TJA. Pagi sob, kali ini saya akan memberikan nih pengenalan tentang Telekomuniasi. Ya, mekipun mau belajar TJA ngga ada salahnya kan tau Dasar dari Telekomunikasi itu? karena TJA juga sebenarnya sub jurusan dari teknik telekomunikasi dan juga teknik elektro sob. Oke, langsung aja


Really good work for Future


Arti dari Komunikasi. 

Sebelum mengetahui apa itu Sistem Telekomunikasi, kita harus tahu dulu dong Komunikasi itu apa. Ya, Komunikasi adalah sebuah proses interaksi untuk berhubungan dari satu pihak ke pihak lainnya,
yang pada awalnya berlangsung sangat sederhana dimulai dengan sejumlah ide-ide yang abstrak atau pikiran dalam otak seseorang
untuk mencari data atau menyampaikan informasi yang kemudian dikemas menjadi sebentuk pesan untuk kemudian disampaikan secara langsung maupun tidak langsung menggunakan bahasa
berbentuk kode visual, kode suara, atau kode tulisan.



Baca Juga:


Telekomunikasi


Telekomunikasi adalah setiap pemancaran, pengiriman, dan atau penerimaan dari setiap informasi dalam bentuk tanda-tanda, isyarat, tulisan, gambar, suara, dan bunyi melalui sistem kawat, optik, radio atau sistem elektromagnetik lainnya (Undang-undang RI no.36 tahun 1999 tentang Telekomunikasi).

Dapayt diartikan seperti ini ya sob, Telekomunikasi yaitu proses bertukarnya Informasi baik itu gambar, voie, maupun video yeng menggunakan media transmisi media pengirim pesan.
Itu menurut saya sob, karena yang jelas pengertian diatas sangat susah dipahami jika belum tau. 



Dari pengertian telekomunikasi, dapat disimpulkan bahwa Sistem Telekomunikasi adalah seluruh unsur/elemen baik infrastruktur telekomunikasi, perangkat telekomunikasi, sarana dan prasarana telekomunikasi, maupun peyelenggara telekomunikasi, sehingga komunikasi jarak jauh dapat dilakukan.

Oh iya sob, ada beberapa Istilah Telekomunikasi sesuai UU no. 36 tahun 1999:
  • Perangkat Telekomunikasi
adalah sekelompok alat telekomunikasi yang memungkinkan bertelekomunikasi. Jadi maksudnya adalah semua perangkat yang dipakai dalam Telekomunikasi misalnya Repeater.
  • Sarana dan prasarana telekomunikasi
adalah segala sesuatu yang memungkinkan dan mendukung berfungsinya telekomunikasi.
  • Penyelenggara telekomunikasi
adalah perseorangan, koperasi, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), badan usaha swasta, instansi pemerintah, dan instansi pertahanan keamanan Negara. Salah satu penyelenggara jasa telekomunikasi yang saat ini terbesat adalah Telkom (BUMN) bersama anak perusahaannya Telkosel. Ada juga Perusahaan swasta yang ukup besar juga seperti Indosat Ooredoo, XL Axiata, dsb.
  • Jasa telekomunikasi
adalah layanan telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan bertelekomunikasi dengan menggunakan jaringan telekomunikasi. Salah satu yang terpopuler adalah Indihome
  • Pelanggan
adalah perseorangan, badan hukum, instansi pemerintah yang menggunakan jaringan telekomunikasi dan atau jasa telekomunikasi berdasarkan kontrak.
  • Pemakai
adalah perseorangan, badan hukum, instansi pemerintah yang menggunakan jaringan telekomunikasi dan atau jasa telekomunikasi yang tidak berdasarkan kontrak
  • Interkoneksi
adalah keterhubungan antarjaringan telekomunikasi dari penyelenggara jaringan telekomunikasi yang berbeda.

Telekomunikasi juga salah satu aspek penting loh sob, mau tau kenapa? karena tanpa adanya telekomunikasi orang diseluruh dunia akan kesusahan melakukan komunikasi kepada orang lain. Bahkan tanpa adannya telekomunikasi mungkin sekarang smartphone tidaklah berguna. Dalam beberapa tahun belakangan jurusan yang berkaitan dengan Telekomunikasi seperti TJA juga semakin banyak peminatnya. Karena dalam penyerapan ke dunia kerja sangatlah mudah karen Operator Telekomunikasi seperti XL Axiata, Indosat Ooredoo, Telkomsel, 3, dan Operator lainnya semakin membutuhkan banyak tenaga kerja.




Komponen Pebangun Sistem Telekomunikasi

Komponen Pembangun Sistel


  •  Informasi
merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara, gambar, file, tulisan. Misalnya seperti kita berkirim tugas karena ngga mungkin pinjam buku pasti kita akan menyuruh teman biar difoto habis itu kirim lewat Whatsapp nah itu salah satu bentuk Informasi.
  • Terminal Equipment (TE)
sebagai suatu device yang merupakan sumber informasi yang akan disampaikan ke tujuan tertentu.  Jadi ketika berkirim pasti harus ada devie nya kan? misalnya Smartphone itu salah satu ontoh yang paling umum.
Contoh : PC, Pesawat Telepon, HP dll

  • Switching Equipment (Sentral)
sebagai alat penyambung antara saluran yang satu dengan saluran yang lain sehingga informasi yang dibawa oleh saluran sampai pada tujuan. Ini bisa ditafsirkan pernah sobat berpikir jika berkirim SMS dari tempat yang jauh kok bisa sampai? Itu semua karena adanya Sentral Otomat. Biasanya dibangunnya STO untuk melanjutkan atau titik sambung dari pengirim ke penerima.
Contoh : sentral analog, sentral otomat

  • Media transmisi
alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi / dimodulasi agar dapat terkirim jarak jauh. Yang lagi tren sekarang ini ya 4G LTE dengan Fiber Optik yang keepatannya wuzz hehe
Contoh : kabel tembaga, kabel optik, radio, seluler.


Media transmisi
  • Aturan/standar
merupakan yang harus disepakati dalam pengiriman, pentransmisian, dan penerimaan informasi. Seperti halnya hidup, Telekomuniasi juga harus memilikiaturan agar tidak terjadi penyelewengan dalam berkomunikasi.

Bijimana sob? Terterik ngga sama dunia Telekomunikasi atau TJA? Materi selanjutya pasti seru sob, akerna kita akan membahas Fiber Optik.
Sekian aja tulisan dari saya, semoga bermanfaat.

Tag : TJA, Teknik Jaringan Akses, Telekomunikasi, Teknik Telekomunikasi, Sistem Telekomunikasi, Komunikasi, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Telkomsel, 3.

Artikel Terkait

Dasar dari Dasar Sistem Telekomunikasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email