Ngulik Jurusan TJA

Selamat datang bagi pengunjung Blog-TJA ini. Kali ini saya akan menjabarkan sedikit mengenai Apa itu TJA?

TJA (Teknik Jaringan Akses) adalah sebuah teknik/jurusan yang lebih spesifik ke Teknisi Telekomunikasi dan Maintenance Jaringan. Teknik ini berada dibawah Teknik Elektro. Sebagai salah satu bidang teknik, jurusan ini semakin banyak peminatnya di jenjang SMK di Indonesia dikarenakan sangat jarang ditemukan jurusan ini dan salah satunya berada di Jawa Tengah tepatnya Telkom Schools SMK Telkom Purwokerto. Tekik jaringan akses terdapat beberapa bagian mulai dari Jaringan Tembaga, Jaringan Fiber Optik, dan Jaringan Akses Radio.

Salah salah satu Keahlian yang akan didapatkan adalah Fiber Optic Engineer dan mendapatkan Sertifikasi TIFO (Teknisi Fiber Optic) yang jelas akan memudahkan persaingan didunia kerja. Jaringan Fiber Optik merupakan jaringan yag sekarang ini mulai banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia dan juga dunia. Di Indonesia sendiri salah satu layanan yang cukup baik adalah Indihome Triple Play.
Selain itu adapula Jaringan Tembaga yang dulu dipakai dan bahkan samai sekarang seperti layanan Speedy. Namun jaringan Tembaa ini mulai banyak dialihkan ke Fiber Optik dikarenakan aksesnya yang lamba dan juga dimulai migrasi ke Fiber Optik.

Untuk Jaringan Radio, akan didapat pula berbagai kemampuan seperti Pembelajaran Propagasi Jaringan CDMA/GSM sampai perkembangan jaringan wireless seperti yang sedang banyak dierbincangkan yaitu 4G LTE.

Itu semua adalah bagian dari Paket Keahlian TJA. Berikut akan saya jelaskan lebih detail.
  1. Customers Premises Equipment atau sering disingkat CPE adalahPerangkat Tambahan yang ada di sisi Pelanggan. Biasanya kita temui ketika seseorang berlangganan layanan Jaringan seperti Indihome maka akan ada pula perangkat tambahan disisi pelanggan seperti ONT (Optical Network Terminal *akan dijelaskan di post selanjutnya).
  2. Cooper and Optical Network Access. Adalah melakukan kerja sama dalam bidang Akses Fiber Optik. fiber Optik adalah teknologi terbaru jaringan komuikasi dengan kelebihan Lebih Murah daripaa jaringan kabel tembaga dan juga memiliki akses yang lebih cepat karena berpenghantar kaca silica yang berukuran mikro.
  3. Cellular Network Access. Seperti yang saya jelaskan di atas pada meteri akses Radio, pada kompetensi TJA juga terdapat Jaringan telephone Wireless seperti yang sekarang sudah terkenal di Indonesia 4G LTE.
Untuk dapat mempelajarinya sanda bisa mendaftarkan di SMK Telkom Purwokerto dan memilih paket Keahlian Teknik Jaringan Akses bagi yang berwilayah di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya atau di SMK Telkom Jakarta, SMK Telkom Banjar Baru, SMK Telkom Medan. Lulusan dari Jurusan TJA juga ngga main-main. Lulusan TJA akan sangat mudah terserap ke dunia kerja maupun ke Universitas baik Negeri maupun Swasta.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai siswa Teknik Jaringan Akses di SMK Telkom Purwokerto yang saat dibuatnya post ini adalah masih kelas  11 sangat seru sob, terlebih dengan banyaknya praktik dan kemudahan dalam menangkap pembelajaran dari guru produktif.

Praktikum yang menyenangkan serta pendidikan yang berorientasi langsung pada kurikulum pendididakan sehingga sangat nyaman. TJA sendiri terkenal dengan anaknya yang keras sob, yah gimana lagi hampir semua alat praktikum TJA juga sangat buanyak dan berat serta Muahalnya minta ampun sob terutama yang namanya Fusion Splie sama OTDR, beh harganya bisa buat beli 3 mobil.

Namanya pendidikan pasti ada suka dan dukanya ya sob, Suka saya sebagai anak Jaringan Akses adalah gurunya yang menyenangkan dalam penyampaian materi sehingga waktu praktikum nga pusing sendiri. Dukanya sih banyak ya, namanya  orang desa belajar dikota (hehehe) yang salah satunya ya pulang jam 4 sore, dengan terpaksa harus cari kost.

Yabegitulah pengalaman saya sob, bijimana? Masih mau nolak lagi masuk TJA? Pikirkan lagi deh, haha. Sekian Post dari saya mengenai Teknik Jaringan Akses (TJA). Terima Kasih

Tag : TJA, Teknik Jaringan Akses, Fiber Optic, Indihome, SMK Telkom, SMK Telkom Purwokerto, Telekomunikasi, Teknik Telekomunikasi

Artikel Terkait

Ngulik Jurusan TJA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

Juli 11, 2018 11:00 AM delete

jadi sob kata guru yang ada di jurusan itu kerja lapangan nya naik ke tower tower gitu ya ? itu tower sinyal kan bukannya itu tinggi jadi gimana ya gw lagi pusing nih mau beraniin apa ngga mohon sarannya

Reply
avatar
Juli 11, 2018 11:01 AM delete

jadi sob kata guru yang ada di jurusan itu kerja lapangan nya naik ke tower tower gitu ya ? itu tower sinyal kan bukannya itu tinggi jadi gimana ya gw lagi pusing nih mau beraniin apa ngga mohon sarannya

Reply
avatar